Outbound Di Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari ada di dataran tinggi dengan ketinggian pada 950mdpl sampai 1.250 mdpl. Kebun Teh Wonosari ialah cuma satu kebun teh di Jawa Timur yang dibuka jadi arah wisata. Bukan sekedar menyuguhkan pemandangan alam yang enak disaksikan, perkebunan ini juga dilengkapi dengan beberapa spot foto, gardu pandang, Paint ball di malang, dan Outbound Di Kebun Teh Wonosari.

Memiliki keadaan asri dengan udara fresh dan pemandangan hijau di sejauh mata lihat, membuat Kebun teh Wonosari jadi pilihan wisata yang lain buat wisatwan.

Kisah Kebun Teh Wonosari
Tahun 1875 adalah awal dari berdirinya Kebun Teh Wonosari yang diprakarsai oleh perusahaan asal Belanda yang bernama NV. Cultur maathappy. Kebun Teh Wonosari jadi perkebunan teh cuma satu di Jawa Timur waktu itu, oleh karenanya kebun teh ini memperoleh julukan kebun teh pertama yang berdiri di Provinsi Jawa Timur sampai saat ini.

Setelah Belanda pergi dari Indonesia ada penjajahan Jepang yang memiliki misi swasembada pangan buat negara jajahannya. Kebun Teh Wonosari pun ditambah tipe tanaman yang lain yang dapat dipakai untuk pangan seperti umbi, singkong, kentang, dan yang lainnya.

Setelah Indonesia lepas dari penjajahan negara manakah saja, perkebunan ini diambil alih oleh PT. Perkebunan Nusantara XII sampai saat ini, dan diutamakan untuk perkebunan teh, kopi, dan beberapa jenis tanaman yang lainnya.

 

Coban Talun saat ini jadi obyek wisata yang menyatukan pada wisata alam dan wisata buatan. Ada di ketinggian 1300 mdpl dengan udara yang sejuk dan asri.

coban Talun berjarak sekitar 15km dari pusat Kota Batu, dengan akses yang mudah dan hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai, jika dimulai dari Alun-alun Kota Batu. Air Terjun ini memiliki ketinggian 75 mtr.. Untuk sampai di air terjun pengunjung harus berjalan lebih dulu lewat jalan setapak dan jembatan.

Untuk mengarah Coban Talun dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika dari arah Malang, bisa menggunakan akses jalan mengarah tempat Selecta-Cangar. Tengah jika menggunakan akses jalan dari Arah Kota Surabaya bisa melalui jalan mengarah Mojokerto lantas pilih jalan mengarah arah Cangar-Trawas.

Tengah jika ingin menggunakan kendaraan pribadi bisa menggunakan kendaraan umum mikrolet mulai dari Terminal Arjosari, mengarah ke Terminal Landungsari, lantas mengarah ke Terminal Batu, dan dilanjutkan dengan Angkot warna pink mengarah Coban Talun.

Ticket Masuk Coban Talun
Harga ticket untuk masuk di pintu gerbang pengunjung digunakan tarif sebesar 10.000 rupiah, harga itu tidaklah termasuk parkir kendaraan. Lalu jika ingin lihat air tejun langsung, pengunjung harus membayar ticket masuk seharga 5.000 rupiah. Coban Talun memiliki fasilitas lengkap mulai dari kantin, toilet, mushola, wahana permainan, spot foto menarik, sampai tempat outbound Malang.

Mitos Di Coban Talun
Coban Talun memiliki narasi mitos yang menarik untuk dibaca dan ditelisik. mitos itu bermula dari satu jembatan yang bernama Jembatan Asmara. Jembatan itu memiliki panjang 14 mtr. dengan lebar 1 mtr. dan menghubungkan pada cek point dengan air terjun.

Jembatan itu terbuat dari bambu dan kayu, konon katanya jika sepasang kekasih sukses lewat jembatan itu bersama dengan, jadi jalinan akan tahan lama atau kekal. Menurut narasi atau cerita yang menyebar, dulunya tempat ini adalah tempat bertemunya Dewi Seruni dengan Pangeran dari Kerajaan Kediri bernama Jaya Nalendra. Dari pertemuan itu pangeran Kerajaan Kediri dan sang Dewi saling jatuh cinta dan selanjutnya merajut kasih sampai akhir hayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *